Expressing Politeness


Expressing politeness merujuk kepada bagaimana berbicara secara sopan dalam bahasa inggris. Biasanya kita berbicara lebih sopan kepada orang yang lebih tua dari kita atau ketika bertemu dengan orang yang belum kita kenal. Berikut adalah contoh kalimat yang menunjukkan kesopanan dalam bahasa inggris:
v  May I help you?
Bolehkah saya membantu Anda?
v  Would you like to help me?
Mauah Anda membantu saya?
v  Could you pass the salt over there, please?
Bisakah Anda memberikan garam di sebelah sana?
v  Would you like to come to my house?
Maukah Anda  datang ke rumahku?
v  Would you mind if I sit here?
Apakah Anda keberatan jika saya duduk disini?
v  Open the window, please!
Tolong buka jendelanya!
v  Could you please move to another chair?
Bisakah Anda pindah ke kursi lain?
v  Would you like a cup of coffee?
Maukah Anda secangkir kopi?
v  Could you please tell me where is the library?
Bisakah Anda menunjukkan dimana perpustakaan?
v  Would you like to take the garbage outside please?
Maukah Anda membawa sampah ini keluar?
v  May I give you a hand?
Bolehkah saya membantu Anda?
v  Shall I bring you a pillow?
Haruskah saya membawakan Anda bantal?
v  Can I do the dishes for you?
Bisakah saya mencuci piring untuk Anda?
v  Shall I help you with your project?
Haruskah saya menolong Anda dengan tugas Anda?
Kata yang dicetak tebal di atas merupakan ungkapan yang biasanya digunakan untuk mengawali kalimat yang menanyakan atau meminta sesuatu agar lebih sopan. 

Response :
Accepting (Menerima)
v  Thank you. 
Terimakasih.
v  Yes, please. 
Ya, tolong.
v  I'd like it very much. 
Saya akan sangat menyukainya.
v  I'm pleased to do that. 
Saya senang melakukannya.
v  With Pleasure thank you. 
Dengan senang hati, terimakasih.
v  Yes please. I really appreciate it. 
Ya, tolong. Saya sangat menghargainya.
v  Thank you, it's very kind of you.
Terimakasih, Anda baik sekali.
v  Yes, please, that would be lovely.
Ya, tolong. Itu akan sangat menyenangkan.
Declining (Menolak)
v  No thank you. 
Tidak, terimakasih.
v  No thanks.
Tidak, terimakasih.
v  I can't, thanks anyway 
Saya tidak bisa, terimakasih.
v  No thanks, I don't need any help 
Tidak, terimakasih, saya tidak membutuhkan bantuan.
v  No, I really won't, thank you. 
Tidak, saya tidak mau, terimakasih.
v  It's okay, I can do it myself. 
Terimakasih, saya bisa melakukannya sendiri.
v  Don't worry, I will do it myself. 
Jangan khawatir, saya akan melakukannya sendiri.
v  That's alright, I will manage it on my own. 
Tidak apa apa, saya akan melakukannya sendiri.

Post a Comment

0 Comments